Nov 13, 2019

FIREWALL


FIREWALL

Keterangan : Switch menggantikan cloud internet. Ether 1 hubungkan ke switch dan ether 2 ke pc.

Pengaturan NAT (Agar PC bisa terhubung ke internet)

Stepnya:
1.      Buka winbox dan connect ke mac address router mikrotik.
2.      Buka menu IP dan pilih DHCP Client. Tambahkan DHCP Client baru untuk port yang dihubungkan   ke Switch (ether1). Jika berhasil, maka interface ether1 akan dapat IP

3.      Menambahkan address list untuk ether2 (port yang disambungkan ke PC) dengan default gateway. Network address yang digunakan disini 192.168.X.0/24, saya 192.168.6.0 dengan X diganti dengan nomor absen.

4.       Kemudian membuka menu Ip dan memilih DHCP Server, kemudian DHCP setup. Interface yang dipilih adalah port yang dihubungkan dengan PC (ether2). Tekan next sampai selesai.

5.      Kemudian buka menu IP dan pili firewall. Pada NAT rule baru pada bagian NAT. Pilih scrnat untuk chain dengan ether2 sebagai out interface pada bagian General. Kemudian action yang digunakan adalah masquerade.

6.       Set DNS dengan masuk ke menu IP DNS. Servers diisi dengan network address dari IP yang didapat oleh switch (ether1). Hal ini dilakukan dalam kondisi pengaturan IP dynamic pada PC dan Firewall non aktif.

7.      PC sudah bias terhubung ke internet 😊

SECURING ROUTER
1)        Buka menu Ip dan pilih firewall dan pada bagian filter rules, chain yang digunakan adalah input. Untuk out interface yang digunakan adalah port yang dihubungkan dengan PC (ether2) dan pada bagian action dipilih drop.


2)      Maka hasil pengaturan akan muncul di filter rules.
3)      Tambahkan beberapa rules baru.


4)      Untuk mengetahui hasil konfigurasi berhasil, download PuTTY dan tes masuk dengan port 23 (telnet)  ke ip PC.
5)      Hasilnya akan muncul notifikasi pada filter rules di menu ip - firewall


No comments:

Post a Comment

FIREWALL

FIREWALL Keterangan : Switch menggantikan cloud internet. Ether 1 hubungkan ke switch dan ether 2 ke pc. Pengaturan NAT (Agar PC...